Aplikasi Perhitungan Android
Hai sobat, di artikel sebelumnya yang berjudul ListView dengan Gambar , saya sudah menjelaskan cara untuk menampilkan ListView di android dan menambahkan komponen ke dalam ListView. Dan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat aplikasi perhitungan android sederhana, berikut caranya.
Dalam aplikasi ini terdapat sebuah fungsi perhitungn untuk mengelola masukan dari pengguna dan menampilkan hasilnya. Untuk berinteraksi dengan pengguna, sebuah aplikasi harus memiliki tempat untuk menerima masukan dari pengguna yaitu UI (User Interface). Ada berbagai jenis masukan dari user seperti tulisan dari keyboard, gesture, suara, guncangan dan lain sebagainya.
Sebuah aplikasi juga harus memproses masukan dari pengguna agar apa yang diinginkan pengguna dapat terpenuhi. Setelah keinginan pengguna terpenuhi, maka UX (User Experience) dalam aplikasi tersebut sudah tercapai. Dan kali ini kita akan berlatih untuk membuat aplikasi yang dapat menerima masukan dari pengguna dan memprosesnya. Untuk contoh kita akan membuat aplikasi perhitungan sederhana. Dan cara membuatnya, silahkan sobat bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Pertama buat project baru dengan nama Inputan, untuk package beri nama blogsetyaaji.com
Pada activity_main.xml, buat kodenya seperti berikut ini :
Pindah lagi ke MainActivity.java, buat kodenya seperti berikut ini :
Setelah selesai, coba sobat jalankan aplikasinya maka tampilanya akan seperti ini
Dan itulah aplikasi perhitungan sederhana yang kita buat. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memberikan masukan ke dalam aplikasi dan dengan menekan tombol yang ada, maka masukan tadi akan diproses oleh aplikasi dan hasilnya akan ditampilkan kembali. SEkian tutorial Aplikasi Perhitungan Android semoga bermanfaat, nantikan artikel berikutnya.
Dalam aplikasi ini terdapat sebuah fungsi perhitungn untuk mengelola masukan dari pengguna dan menampilkan hasilnya. Untuk berinteraksi dengan pengguna, sebuah aplikasi harus memiliki tempat untuk menerima masukan dari pengguna yaitu UI (User Interface). Ada berbagai jenis masukan dari user seperti tulisan dari keyboard, gesture, suara, guncangan dan lain sebagainya.
Baca juga "Tentang Perbedaan UI dan UX"
Sebuah aplikasi juga harus memproses masukan dari pengguna agar apa yang diinginkan pengguna dapat terpenuhi. Setelah keinginan pengguna terpenuhi, maka UX (User Experience) dalam aplikasi tersebut sudah tercapai. Dan kali ini kita akan berlatih untuk membuat aplikasi yang dapat menerima masukan dari pengguna dan memprosesnya. Untuk contoh kita akan membuat aplikasi perhitungan sederhana. Dan cara membuatnya, silahkan sobat bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Pertama buat project baru dengan nama Inputan, untuk package beri nama blogsetyaaji.com
Pada activity_main.xml, buat kodenya seperti berikut ini :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
android:orientation="vertical"
tools:context="com.blogsetyaaji.inputan.MainActivity">
<TextView
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Panjang :"
android:textSize="20sp"/>
<EditText
android:id="@+id/input1"
android:inputType="number"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content" />
<TextView
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="10dp"
android:text="Lebar :"
android:textSize="20sp"/>
<EditText
android:id="@+id/input2"
android:inputType="number"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content" />
<Button
android:id="@+id/btn1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="hitung" />
<TextView
android:id="@+id/txthasil"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:paddingTop="20dp"
android:textSize="20sp"
android:text="HASIL"
android:layout_gravity="center"/>
</LinearLayout>
Pindah lagi ke MainActivity.java, buat kodenya seperti berikut ini :
package com.blogsetyaaji.inputan;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
import android.widget.TextView;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
public EditText inputan1, inputan2;
public Button tombol;
public TextView hasil;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
inputan1 = (EditText) findViewById(R.id.input1);
inputan2 = (EditText) findViewById(R.id.input2);
tombol = (Button) findViewById(R.id.btn1);
hasil = (TextView) findViewById(R.id.txthasil);
tombol.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View v) {
hitungLuas();
}
});
}
private void SetUpView(){
}
private void hitungLuas(){
int angka1 = Integer.parseInt(inputan1.getText().toString());
int angka2 = Integer.parseInt(inputan2.getText().toString());
int yaitu = angka1 * angka2;
hasil.setText("Luasnya adalah " +yaitu);
}
}
Setelah selesai, coba sobat jalankan aplikasinya maka tampilanya akan seperti ini
Dan itulah aplikasi perhitungan sederhana yang kita buat. Dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memberikan masukan ke dalam aplikasi dan dengan menekan tombol yang ada, maka masukan tadi akan diproses oleh aplikasi dan hasilnya akan ditampilkan kembali. SEkian tutorial Aplikasi Perhitungan Android semoga bermanfaat, nantikan artikel berikutnya.
Post a Comment