Header Ads

Link Banner

Cara Internetan Gratis

Internet merupakan salah satu kebutuhan wajib yang harus di penuhi saat ini. Mengingat era digital dan tehnologi sangat berkembang pesat.Di tambah dengan adanya operator seluler yang saat ini terus mengembangkan tehnologi nya dari gprs sampai ke 4g.

Kelemahan terbesar di Indonesia adalah kualitas internet yang buruk dan terkesan mahal di bandingkan dengan Negara tetangga.Adanya persyaratan persyaratan operator seluler membuat orang yang membutuhkan internet menjadi susah dan adakala nya bikin sakit hati dan baper sendiri.Pengalaman saya dengan internet 

tidak jauh beda dengan masyarakat yang terbiasa dengan internet yang di tawarkan oleh operator seluler yang hanya obral janji.”Kata nya Unlimited kok ada kuota nya?”.
Apalagi kalau sobat semua membutuhkan kuota yang “raksasa” dengan menggunakan operator seluler sangat tidak sarankan,hahahaha.. Bagaimana dengan internet yang di tawarkan ISP Indonesia?,sebut saja Telkom speedy. Ini merupakan cara atau alternative sobat untuk mendapatkan internet Unlimited dengan batasan berpbulan dan dengan bandwith yang jelas,
Tetapi dalam kenyataan nya banyak orang yang tidak semua nya bisa mendapatkan internet dari ISP karena biaya yang di keluarkan relative mahal.Tapi taukah sobat bahwa internet bisa di dapatkan secara Cuma Cuma dengan sedikit kreativitas tentunya.Di dukung adanya tempat tempat yang menggratiskan internet.Kantor kantor pemerintah contoh nya,atau mall mall besar,tempat kerja bahkan sekolahan dan kampus.Jika anda bisa internetan gratis di kampus ,sekolahan,tempat kerja  ataupun mall? Kenapa tidak kita akses di rumah.?
Dalam artikel ini mari kita bahas agar sobat bisa menikmati gratis internet dengan fasilitas wifi tanpa kuota atau pulsa.Dan jika tidak gratis paling tidak sobat bisa mengeluarkan dana yang sedikit untuk akses internet perbulan nya.Simak baik baik artikel ini.hehehe
Saya sarankan untuk membaca dan memahami tiap langkah agar sukses Internetan Gratis,tanpa kuota dan pulsa.

1. Pahami dulu apa itu Wifi dan hotspot area

Oke setelah anda membaca tulisan di atas mungkin anda tidak sabar lagi,gimana cara nya? Hehehhe Bagi anda yang belum mengerti apa itu wii,bisa anda baca baca sekilas tentang  apa itu wifi dan hotspot area di dalam artikel blog ini agar sobat tau dan tidak bingung ,jika sudah merasa cukup dengan Wifi dan hotspot area  langsung ke langkah selanjut nya.


2. Cari tahu dengan detail lokasi wifi disekitar anda

Langkah yang ke dua ini sama seperti yang ada di langkah pertama,bedanya adalah di langkah 2 ini
anda harus mengerti tentang lokasi mana saja yang mendukung adanya wifi dan hotspot area.Ini merupakan pekerjaan mata mata(ngacau apa lebay penulis nya)hahahaha.. kenapa bisa begitu karena ya ini merupakan pengintaian.Anda harus tau keamanan wifi,jarak wifi dari lokasi anda,Apakah hotspot itu memang gratis atau ada sedikit biaya tambahan? Dan anda harus mengetahui itu semua. Cara mencari tau lokasi wifi atau lokasi lokasi yang menyediakan akses internet  bisa di baca di artikel “Cara mengetahui Lokasi yang menyediakan hotspot area”Untuk yang sudah jelas  dan pro hehehe ampun mastah,lanjut ke langkah selanjut nya.


3. Tentukan Target dan test koneksi

Jika anda sudah  melakukan langkah ke 2 dengan baik maka langkah 3 ini akan sangatlah mudah. Oke setelah tau apa saja mengenai hotspot yang ada di sekitar anda,sekarang anda harus menentukan target lokasi untuk mengkoneksikan wifi anda. Lokasi yang menyediakan hotspot area yang benar benar gratis (kalau anda memang ingin gratis) hahaha.. Setelah merasa mendapatkan target maka anda harus mengkoneksikan dan uji coba terlebih dahulu di area hotspot tersebut,Jika lancar dan bisa terkoneksi  dengan baik maka anda bisa lanjut langkah 4,jika belum anda harus pahami langkah 1 dan 2 dulu

4. Persiapkan Hardware tambahan untuk menagkap signal wifi

Langkah 4 ini merupakan langkah yang tidak harus anda gunakan,karena jika target wifi atau hotspot area ini berdekatan dengan rumah anda,dan bisa mendapatkan signal dengan sempurna maka tidak perlu menggunakan cara ini.Cari ini untuk anda yang mendapatkan target yang tidak dekat atau dengan kata lain mendapat signal yang lemah.Hardware ini bisa kalian daptkan di toko toko computer atau toko online dan beberapa bisa di buat sendiri dengan biaya yang murah pasti nya.
  • Wifi adapter external 
ini juga merupakan hardware wajib bagi anda yang memiliki pc/laptop yang tidak menyediakan penagkap signal wirelees.Bisa anda browsing “wifi adapter external”
  •   Antena Penguat Signal
Jika signal lemah pasti akan memperlambat koneksi internet,maka untuk itu harus ada penguat signal yang bisa menguatkan signal dari wifi.Antena bisa di beli atau membuat sendiri,adapaun cara membuat antena sendiri dengan sederhana maupun secara professional,tentunya hasil nya berbeda.Jika anda malas dan repot untuk membuat maka anda bisa membeli nya,coba saja browsing di google dengan kata kunci “Jual antenna wifi” pasti banyak sekali yang menjual di toko2 online lengkap dengan cara pemasangan, hhehehe..
sedikit share antenna sederhana buatan sendiri dan sampai saat ini saya gunakan. Antena wifi sederhana dengan kaleng.
  • Wifi adapter external + Antena Penguat Signal

Complit sudah,hahaha.. sekarang tinggal anda tempatkan antenna anda menghadap ke target wifi anda.Kalau tidak bisa mendapat signal berarti anda harus mengubah arah antenna anda.Dan perlu anda ketahui sifat antenna berbeda beda dari cara menangkap signal wifi.

5 Coba dan Test internet anda.

Langkah terahir adalah mengkoneksikan wifi yang sebelum nya anda incar (langkah 2 dan 3 harus di cermati baik baik) kemudian koneksikan,Berapa signal yang anda dapat dan seberapa kecepatan yang anda dapat tergantung dari langkah 3 dan 4 tadi.

6. Share internet ke device yang lain

Jika anda ingin mengshare kembali internet dari wifi yang anda dapat,bisa menambah repeater hardware atau anda bisa menjadikan wifi adapter anda menjadi repeater dengan software

7. Gunakan Dengan Bijak Dan ber-etika

Hal yang paling penting adalah “Gunakan Dengan Bijak Dan ber-etika”.Mungkin yang menggunakan wifi bukan anda saja,orang lain perlu juga.Jangan gunakan software iseng pemutus internet seperti netcut, koneksi  bukan milik anda semata,Jangan jadikan diri anda rakus,bersyukur anda sudah bisa dapat internet gratis dari pihak lain dan jangan merusak nya.Anda bisa memasang anti netcut selama anda menggunakan wifi gratisan yang anda dapat agar terhindar oleh iseng nya orang.

Tidak ada komentar